Winch

Winch

Jual Winch

 Jual Winch saat ini memang banyak dicari oleh masyarakat karena alat tersebut banyak dbutuhkan. Winch merupakan mesin bantu yang fungsinya adalah untuk menarik beban dengan posisi horizontal. Adanya winch ini tentu sangat bermanfaat dalam membantu tugas- tugas manusia, khususnya saat menarik beban. Alat semacam ini banyak digunakan di industri- industri pertambangan dan untuk kompetisi offroad. Di Indonesia sendiri, keberadaan winch ini sangat membantu saat mobil terperosok dan amblas dikarenakan kontur tanah yang labil. Winch juga terdiri dari beragam merk, misalnya winch warn, dll.

Jenis- Jenis Winch

Berikut beberapa jenis yang sudah beredar di pasaran. Jenis winch berikut juga merupakan winch dari segala level baik dari entry hingga advance level. Dengan mengetahui jenis- jenis winch, anda juga akan lebih mengerti winch sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Winch Electric
Jual Winch

Jual Winch

Winch dengan jenis elektrik merupakan winch yang digerakkan oleh motor dengan ditenagai oleh arus listrik DC.Arus listrik tersebut biasanya didapatkan dari accu kendaraan atau bisa juga dari baterai. Pada winch elektrik sendiri masih terdiri dari dua jenis lagi yaitu winch tidur dan winch berdiri. Winch tidur adalah winch dengan bentuknya yang memanjang dengan motor Dc layaknya posisi tidur. Lokasinya yaitu berada di salah satu sisi drum sementara sisi yang lainnya yaitu gear housing. Dalam hal speed atau kecepatan, winch ini kecelatannya relatif lebih lambat sehingga bagi anda yang masih pemula sangat cocok menggunakan jenis winch ini dari pada jenis yang berdiri.

Adapun winch berdiri bentuknya tentu saja kebalikan dari winch tidur. Tidak hanya itu, bentuk winch berdiri juga lebih tinggi dan bertingkat. Adapun posisinya yaitu drum berada di posisi bawah, di sisi drum terdapat gigi reduksi dan pada bagian atas yaitu motor DC. Winch berdiri memiliki kecepatan besar karena ia memiliki gigi reduksi. Untuk itu, winch berdiri ini sebaiknya digunakan untuk pemakaian tingkat lanjut.

  1. Winch PTO (Power Take Off)
Jual Winch Warn

Jual Winch Warn

Setelah mengenal winch electrik, selanjutnya mengenal winch PTO. Winch jenis ini masih memiliki kemiripan dengan jenis winch elektrik tidur. Perbedaannya dengan winch tidur adalah dalam hal menggerakkannya. Winch PTO mengunakan tenaga mesin yang mana hal ini disalurkan melalui kopel yang kemudian keluar dari transfer case. Karena prosesnya yang demikian, winch ini biasanya digunakan oleh kendaraan yang pada transfer terdapat output khusus PTO.

 

  1. Winch Hidrolik

Jenis winch ketiga yaitu winch hidrolik. Winch hidrolik ini belum cukup populer walaupun sebenarnya terdapat potensi

winch

winch

yang menarik di dalamnya untuk digali. Dalam hal bentuk menyerupai winch elektrik tidur. Untuk menggerakkannya, winch ini membutuhkan oli dengan tegangan tinggi yang kemudian didorong oleh pompa. Hal yang membedakan winch ini dengan winch elektrik tidur adalah adanya selang- selang di sisinya.

Itulah jenis- jenis winch yang perlu anda ketahui. Winch yang akan anda miliki tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Tidak hanya itu, untuk menunjang keselamatan, anda juga harus memperhatikan piranti- piranti wajib yang mendukung hal tersebut. Dalam hal ini, terdapat tiga jensi piranti yang minimal harus anda pakai saat mengoperasikan winch. Apa saja? berikut penjelasannya.

 

3 Jenis Piranti Yang Harus Dipakai Saat Mengoperasikan Winch

  1. Sarung tangan kulit tebal

Sarung tangan tebal berguna untuk melindungi tangan anda dari bahaya atau terluka. Winch yang menggunakan baja bukan tak mungkin ada bagian serabut baja yang terputus. Hal ini menjadikan tangan anda menjadi mudah terluka atau lecet saat proses mengulur atau menarik. Untuk itu, menggunakan sarung tangankulit sangat melindungi tangan anda.

  1. Winch Dampener Blanket

Selain sarung tangan kulit, piranti kedua yang dibutuhkan yaitu winch dampener balanket. Piranti ini fungsinya adalah meredam gaya dari plasma yang putus sehingga tidak berbahaya pada orang- orang yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, piranti ini wajib dipasang di setiap seling atau plasma. Bahan piranti juga tebal dengan berat minimal 1 kg.

  1. Tree Trunk Protector

Piranti ketiga yang harus ada saat mengoperasikan winch yaitu Tree trunk protector. Tree trunk adalah sebuah tali biasanya sejenis tali nylon atau bisa juga dari bahan lain. Piranti ini memiliki penampang yang lebar dan kuat. Saat anda menggunakan winch dan membutuhkan pohon untuk winching point, anda bisa melingkarkan tree trunk protector ini terlabih dahulu pada pohon tersebut. Setelah itu, anda bisa memasangkan kaintan seling pada bagian ujung- ujungnya. Dengan begitu,pohon tersebut lebih terlindungi dan tidak terluka.

Baca Juga :  Vendor Winch Pto Toyota Harga Terjangkau Di Kota Anda

Komponen Electric Winch

Berikut adalah beberapa komponen sederhana dari elecric winch yang bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk anda.

  1. Wire drum

Bentuk dari drum ini adalah lingkaran. Kegunaan dari drum ini adalah untuk menggulung wire rope. Hal ini menjadikan wire rope menjadi tergulung rapi sesuai dengan lingkaran drum yang ada. Tidak hanya itu, karena wire rope sudah tergulung rapi, maka hal ini juga mudah dioperasikan.

  1. wirerope

Wire rope adalah tali pengikat yang di dalamnya terdiri dari kawat- kawat, lilitan kawat dan juga inti kawat. Panjang dari wire rope ini sangat beragam. Jadi, panjang wire rope juga disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

  1. Motor

Motor disini maksudnya adalah motor penggerak. Fungsi dari motor ini tentu untuk memutar drum yang berada di dalam gulungan. Dalam kerjanya, motor ini memanfaatkan medan magnet sehingga terciptalah sebuah gerakan. Awalnya, gerakan pada gear kemudian diterukan pada drum dan dihasilkanlah kekuatan untuk menarik beban.

  1. Remote Control wire

Seperti pada umumnya remote pada alat elektronik yang lain, remote control wire ini berfungsi untuk mengendalikan winch baik untuk menarik maupun sebaliknya. Tidak hanya itu, kelebihan lainnya dari remote ini adalah sebagai keselamatan karena didalamnya dilengkapi dengan emergency stop untuk kebutuhan darurat.

  1. Gear Train

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa motor penggerak terlebih dahulu mengirimkan gerakannya pada gear. Dengan demikian, fungsi dari gear train ini adalah untuk menerima kekuatan yang dikirim dari motor penggerak yang kemudian digunakan untuk menarik beban.

  1. Hook

Fungsi hook ini adalah untuk mengaitkan beban. Lokasinya berada di ujung wire rope.

  1. Brake sistem

Seperti namanya, alat ini fungsinya untuk mengerem winch agar tidak mengalami pergerakan. Untuk menjaga keamanan, brake sistem ini harus selalu diperhatikan. Pada brake jenis kampas, sebaiknya diganti secara teratur. Hal ini karena fungsi brake ini sangat vital.

  1. Box panel

Selain beberapa komponen yang telah disebutkan di atas, komponen lainnya dari electic winch adalah box panel. Box panel ini masih memiliki komponen- komponen lain seperti contactor dan komponen electrical lainnya.

Itulah beberapa komponen dari winch electrik. Tentunya banyak masyarakat yang membutuhkan informasi seputar winch pasalnya winch adalah alat yang membutuhkan alat tersebut, utamanya di bidang industri, kontraktor, dll. Hal ini tak lepas dari kelebihan winch itu sendiri. Salah satu kelebihannya yaitu kecepatan winch sangat tinggi saat digunakan untuk menarik beban. Hal ini menjadikan efisiensi waktu menjadi lebih baik. Namun, dalam penggunaannya, winch harus dioperasikan oleh orang yang sudah mahir. Untuk mendapatkan winch ini, produk jual winch juga sudah bisa anda temukan di daerah sekitar anda.

Winch

Winch

Tags: Jual Winch

author
Author: 

    Related Post "Jual Winch"

    Reseller Winch Master Harga Murah Di Sekitar Anda
    Reseller Winch Master Harga Murah Di Sekitar
    Reseller Alamat Di Winch Bekas Harga Murah Di Sekitar Anda
    Reseller Alamat Di Winch Bekas Harga Murah
    Vendor Winch Di Jakarta Harga Terjangkau Di Daerah Anda
    Vendor Winch Di Jakarta Harga Terjangkau Di
    Jual Winch Warn Di Batam Harga Murah Di Sekitar Anda
    Jual Winch Warn Di Batam Harga Murah

    Leave a reply "Jual Winch"